Danau Gunung Tujuh #wonderfulindonesia

PROFIL DESTINASI


 
Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh. Danau ini tergabung ke dalam Geopark Nasional Jambi - Highland Park Kerinci dan juga kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur pendakian yang dilalui juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan jalur pendakian Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara yang berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa sejuk dan dingin di kawasan ini.

Sesuai namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl). Di beberapa gunung ini terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis. Di kawasan Gunung Tujuh juga terdapat beberapa spot yang menarik diantaranya : Pasir Putih, Batu Mesjid, Demplot Kantung Semar (Nephentes), Air Terjun 3 Tingkat dan View Gunung Kerinci, dll.

Pendakian dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat sampai Danau Gunung Tujuh memerlukan waktu dua sampai tiga jam. Dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat, ada dua pilihan jalur pendakian. Jalur pertama, lebih landai namun jarak tempuhnya lebih jauh dan jalur kedua, memiliki tanjakan yang curam namun jaraknya lebih dekat. Kedua jalur itu akan bertemu dan setelah itu para pendaki harus melewati jalur menurun yang cukup tajam yang akan sampai di tepi Danau Gunung Tujuh. Dari situ, para pendaki dapat langsung melihat danau tertinggi di Asia Tenggara itu.

Selain sebagai tempat wisata, Danau Gunung Tujuh juga di gunakan penduduk lokal sebagai sumber mata pencaharian, beberapa masyarakat lokal berprofesi sebagai Nelayan dan mencari ikan di danau tersebut. jika kita berkunjung ke Danau Gunung Tujuh kita bisa menyewa perahu/ sampan nelayan dan mendayung menjelajahi luasnya danau.

Courtesy : Wikipedia Indonesia, dikembangkan oleh : Sesde Seharja
Jambi Tourism Network
Copyright 2014




 DESTINATION OVERVIEW
 










watch and subscribe >> youtube.com/sesdeseharja

Comments

Flag Counter

Free counters!